Detektif Conan

Shinichi009

Shinichi Kudo (工藤 新一 Kudō Shin’ichi)
Shinichi Kudo

!Artikel utama untuk bagian ini adalah: Shinichi Kudo

Tokoh utama yang menyamar dengan nama Conan Edogawa (江戸川コナン)

Dalam versi Amerika Serikat, nama Shinichi adalah Jimmy Kudo. Kecintaannya terhadap novel dan buku-buku misteri terutama Sherlock Holmes, membuatnya menjadi seorang Detektif remaja nomor satu di Jepang. Tak heran jika beberapa teman-temannya menjulukinya si Gila Misteri karena sifatnya itu. Sikapnya yang dingin, namun sangat pemberani. Karena itu ia banyak memiliki fans, termasuk Terumi Hoshino, artis teman Yoko Okino. Shinichi sangat menyukai Lemon Pie, tetapi sangat membenci kismis.

[sunting] Ran Mouri

Ran Mouri adalah teman Shinichi Kudo sejak kecil, atau mungkin bisa juga disebut pacar. Walaupun Ran dan Shinichi tidak pernah berani mengungkapkan perasaannya. Ran bisa disebut juga sebagai gadis yang sabar walau harus menunggu Shinichi begitu lamanya. Ran adalah anak dari seorang detektif yang selalu membuat analisis asal-asalan, Kogoro Mouri, dan seorang pengacara handal, Eri Kisaki. Namun sayangnya, Ran tidak bisa hidup sebahagia anak lainnya, karena Kogoro Mouri dan Eri Kisaki pisah rumah. Dan sekarang Ran hidup bersama Kogoro Mouri.

Ran memiliki sahabat, Sonoko Suzuki yang merupakan anak dari direktur perusahaan Suzuki. Ran sangat ahli dalam karate, namun Ran sangat takut terhadap hantu, hewan-hewan tertentu, misalnya ular. Ran juga adalah seorang yang mudah menangis. Dalam versi AS, Ran bernama Rachel Moore. Ran juga ketua klub karate di sekolahnya.

[sunting] Kogoro Mouri

Ayah dari Ran Mouri, seorang detektif swasta yang sangat terkenal karena sering memecahkan kasus, biarpun sebenarnya Shinichi (Conan)-lah yang memecahkan kasus untuknya. Sebagai om-om mesum, Kogoro ahli dalam Judo seperti istrinya yang juga pengacara. Kogoro telah berpisah dengan istrinya dan hidup berdua dengan anak perempuannya, Ran Mouri. Kogoro juga biasa disebut pembawa sial/kogoro tidur karena dimana ada dia selalu ada misteri ataupun kasus pembunuhan dan dia selalu memecahkan masalah sambil tidur karena ditembak peluru bius oleh Conan. Di dalam komik Detektif Conan versi Bahasa Inggris (Amerika Serikat), Kogoro Mouri bernama Richard Moore

[sunting] Tokoh Pendukung

[sunting] Eisuke Hondou (本堂 瑛祐 Hondō Eisuke)

Eisuke Hondou merupakan adiknya Hidemi Hondou (Rena Mizunashi). Eisue Hondou merupakan siswa SMU Teitan yang kelasnya sama dengan Ran Mouri. Dia sangat ceroboh, & mengidolakan Kogoro Mouri. Tetapi tujuan dia mengidolakan Kogoro Mouri ternyata untuk mengumpulkan informasi tentang kakanya (Hidemi Hondou/ Rena Mizunashi). Dia mengetahui identitas asli Conan Edogawa setelah menjebak Conan dalam volume 61 untuk megatakan yang sebenarnya.

[sunting] Eri Kisaki (妃 英里, Kisaki Eri)

‘Eri Kisaki adalah ibu dari Ran Mouri sekaligus istri dari Kogoro Mouri. Dia bekerja sebagai pengacara. Dia dikenal sebagai “Ratu Pengacara”. Dia sekarang hidup berpisah dengan Kogoro Mouri karena suaminya (Kogoro) sering mabuk- mabukan, bertaruh pada pacuan kuda, dan hal- hal yang tidak dia sukai. Tetapi sekarang dia masih tetap memakai cincin kawin-nya dan selalu mengetes Kogoro apakah dia masih mencintainya atau tidak. Di dalam komik Detektif Conan versi Amerika Serikat, dia bernama Eva Kadan

[sunting] Heiji Hattori (服部平次 Hattori Heiji)

Rival Shinichi dari Osaka. Dia termasuk salah satu dari sedikit orang yang mengetahui rahasia Shinichi. Yaitu bahwa Conan Edogawa adalah Shinichi yang mengecil (Detective Conan Vol.13). Heiji juga merupakan sahabat baik Shinichi. Putra Heizo Hattori, inspektur Kepolisian Osaka. Sering kali membantu Shinichi memecahkan kasus sebagai Conan. Cowok ganteng ini mempunyai teman sejak kecil bernama Kazuha Toyama (putri dari wakil kepala inspektur Toyama).

Dia juga sering di sebut detective dari barat sedangkan Shinichi sering kali disebut detective dari timur. Kazuha sendiri sering cemburu pada Ran. Hal itu tampak dalam manga Detektif Conan volume 19. Kazuha salah mengira kalau Kudo yang diceritakan Heiji sebelumnya adalah wanita (Kazuha mengira kalau Ran ini adalah Kudo yang diceritakan Heiji). Padahal sesungguhnya diam-diam Heiji menaruh perasaan pada Kazuha, hanya saja dia sering menutupinya dan berlagak bodoh atau membuat Kazuha marah. Tapi, belakangan Heiji sudah lebih jelas memperlihatkan kalau dia cemburu bila melihat Kazuha didekati pria lain. Tapi, lagi-lagi dia tetap tidak mau mengatakan kalau sebenarnya dia suka Kazuha. Kisah Heiji-Kazuha ini mirip dengan kisah Shinichi-Ran.

Heiji yang mempunyai bakat yang sangat hebat sama seperti Shinichi juga merupakan kebanggaan disekolahnya dan juga di Osaka tentunya, tapi ia memiliki sikap yang berbeda dengan Shinichi. Kalau Shinichi adalah orang yang dingin, maka ia adalah anak yang ramah dan ceria, lucu, dan kocak. Dan yang lebih unik lagi dia mempunyai satu kebiasaan yang hanya diperhatikan oleh Kazuha, yaitu jika dia sudah mulai serius maka ia akan membenarkan topinya yang terbalik kearah depan. Pada dasarnya, sebagian besar karakter Heiji adalah saingan berat untuk Shinichi.

[sunting] Kid si Pencuri alias Kaito Kid
Kid si Pencuri

Nama aslinya Kaito Kuroba. Nama panggilan Kaitou Kid, / Kid the Thief, Mysterious Thief#1412, Rupan Heisei, Shadow Sorcerer, KID_, 1412, dan nama lainnya.

Kid adalah seorang pencuri yang jenius dalam penyamaran dan mengincar batu berharga yaitu BIG JEWEL, dia sering bertemu dengan Conan dalam kasus-kasus tertentu. Sebenarnya motif ia mencuri bukan untuk kepentingan hidupnya, tapi untuk mencari informasi mengenai Organisasi Jubah Hitam yang dicurigai sebagai pembunuh ayahnya. Dia selalu dikejar-kejar polisi namun selalu lolos. Detektif dan polisi selalu dibuat pusing oleh tingkahnya. Dalam aksinya, Kid biasanya memberi surat tantangan kepada pihak polisi sehingga berita kemunculannya selalu mengundang kehebohan.

Kid sebenarnya adalah anak SMU biasa yang punya kejeniusan dalam sulap dan ilmu menyamar, semua itu ia dapat dari ayahnya yang seorang pesulap terkenal.

Kemampuannya menirukan wajah, suara, dan tingkah laku membuat penyamarannya selalu berhasil, namun Conan kadang bisa merasakan keberadaannya dan selalu memburunya kemana-mana. Tapi, sebenarnya dia sering membantu Conan dalam menyelesaikan kasus tertentu. Kelemahan daripada Kid adalah dia memiliki phobia (rasa takut) terhadap ikan.

Lebih lanjut, Kaito Kid memiliki buku komik tersendiri yang sudah diterbitkan oleh Elex Media Komputindo dengan judul “Magic Kaito”.

[sunting] Okiya Subaru

Okiya Subaru adalah tokoh yang pertama kali muncul dalam volume 60. Dicurigai oleh Ai Haibara sebagai anggota Organisasi Berbaju Hitam yang memang pada saat itu Conan Edogawa mendapat informasi dari Jodie Starling (Agen FBI) yang mendapat informasi dari Mizunashi Rena (Anggota CIA yang berada dalam Organisasi Berbaju Hitam) tentang adanya anggota baru (yang pandai dalam mengumpulkan informasi, menginspeksi dan berwawasan luas) yang menggunakan kata sandi Bourbon

Tinggal di rumahnya Shinichi Kudo karena apartemen nya dibakar oleh tetangganya yang tinggal se-apartemen (dalam volume 60). Conan yakin bahwa dia bukanlah anggota Organisasi Berbaju Hitam karena Okiya Subaru menyukai novel Sherlock Holmes. Namun dalam Manga Detektif Conan volume 61, dia minum minuman keras yang berjenis Bourbon.

[sunting] Sonoko Suzuki (鈴木園子 Suzuki Sonoko)

Putri kolongmerat Suzuki yang juga merupakan sahabat terbaik Ran. Sonoko sangat centil dan suka berlibur untuk mencari cowok. Memiliki hubungan istimewa dengan Makoto Kyogoku, ahli karate yang dijuluki Si tinju suci penyendiri (vol. 52).

[sunting] Dr. Tomoaki Araide

Lihat pula Vermouth

Seorang dokter yang sangat baik hati, awalnya terkait dalam pembunuhan ayahnya yang juga seorang dokter yang dilakukan oleh ibu tirinya (vol.24) . Namun dalam perjalanan cerita, tokoh ini sering muncul diberbagai kasus. Vermouth, salah satu anggota Organisasi Jubah Hiitam, pernah menyamar menjadi Dokter Araide sebelum diketahui oleh Jodie Santemilion (Manga Detective Conan Vol.42).

[sunting] Yusaku Kudo (工藤優作 Kudō Yusaku)

Ayah Shinichi yang memiliki kemampuan analisis yang cerdas dan pembuat novel misteri best seller. Dalam salah satu film Detective Conan, The Phantom of Baker Street, ia menciptakan satu cerita pada game yang dibuat bersama profesor Agasa, yaitu tentang Peristiwa di London 100 tahun yang lalu.

Dalam cerita tersebut, ia memunculkan tokoh favoritnya, Sherlock Holmes dan seseorang yang dijuluki sebagai musuh besar Holmes sekaligus seseorang yang menyuruh Jack The Ripper untuk mengubah London menjadi kota yang mencekam (dalam novel Sherlock Holmes).

[sunting] Yukiko Kudo (工藤有希子 Kudō Yukiko)

Ibu Shinichi. Sangat cantik dan pintar akting. Dia sangat suka diperhatikan orang dan menjadi Night Baroness. Centil, dengan menceritakan jawaban kasus yang telah dipecahkan oleh suaminya lalu mempublikasikannya dan suka menantang bahaya. Ia adalah istri Yusaku Kudo. Ia mengetahui bahwa Conan adalah Shinichi Kudo, anaknya.

Yukiko dan Eri (ibu dari Ran Mouri dan istri dari Kogoro Mouri) adalah sahabat dari semasa bangku sekolah. Yukiko menikah dengan Yusaku Kodo, dan mempunyai seorang anak yaitu Shinichi kudo. Keahlian dari Yukiko adalah menyamar. Ia dan Sharon Vineyard (Artis internasional) pernah belajar menyamar pada seorang guru di Jepang, yang kemungkinan adalah Touchi Kuroba (ayah dari Kaito Kuroba (kaito kid)). Dia dan Yusaku sekarang tinggal di Amerika Serikat. Kadang ia dan Yusaku sering bertengkar seperti di detektif conan vol.14

[sunting] Grup Detektif Cilik

[sunting] Ai Haibara

!Artikel utama untuk bagian ini adalah: Ai Haibara

Shiho Miyano (宮野志保 Miyano Shiho) atau “Sherry” (シェリー) / Ai Haibara (灰原哀 Haibara Ai) – Anggota Jubah Hitam yang berkhianat pada organisasi tersebut setelah kakaknya, Akemi Miyano, terbunuh di tangan Gin. Perempuan yang cerdas dan serius. Melalui tangannya susunan formula misterius warisan orang tuanya yang juga bekerja pada organisasi ia menciptakan berbagai macam formula untuk organisasi termasuk racun yang telah mengecilkan tubuhnya serta Shinichi Kudo.

Dulunya punya hubungan dengan Suichi Akai karena kakaknya Akemi Miyano merupakan pacar Suichi Akai. Kadang mengucapkan kata yang dalam artinya. Sekarang dia mencurigai Okiya Subaru yang tinggal di rumahnya Shinichi Kudo merupakan anggota Organisasi Berbaju Hitam.

[sunting] Ayumi Yoshida (吉田歩美 Yoshida Ayumi)

Teman Conan sekaligus anggota kelompok Detektif Cilik. Menaruh hati pada Conan. Anaknya baik hati, mudah tersenyum dan sering menggunakan kata yang membuat suasana tenang. Jika mendengar sesuatu yang berhubungan dengan “Harta Karun” ia dan Genta akan menyambutnya dengan antusias.

[sunting] Genta Kojima (小嶋元太 Kojima Genta)

Dalam sosok kecil Shinichi yang berwujud Conan Edogawa, ia mendirikan geng Detektif Cilik. Genta adalah salah satu teman Conan yang menjadi anggota kelompok detektif ini. Badannya sangat gemuk, besar, dan jago makan. Tipikal sosok penindas pada awalnya dan berbalik 180 derajat kemudian. Ia sangat suka makan, terutama nasi belut bakar.

[sunting] Hiroshi Agasa (阿笠 博士) (Profesor Agasa)
Profesor Agasa

Profesor Hiroshi Agasa merupakan tetangga sahabat Sinichi Kudo dan mengetahui bahwa Conan adalah Sinichi yang tubuhnya mengecil. Benda-benda penemuannya membantu Sinichi untuk mengelabuhi Ran bahwa dia adalah Sinichi dan membantu Grup Detektif Cilik.suka membawa grup detektif cilik berkemah.

[sunting] Mitsuhiko Tsuburaya (円谷光彦 Tsuburaya Mitsuhiko)

Anggota Detektif Cilik. Teman Conan Edogawa yang pintar dan juga penyuka teknologi. Diam-diam cemburu pada kedekatan Ai dengan Conan.memiliki kejeniusan tersendiri.pengetahuannya melebihi anak seusianya.

[sunting] Organisasi Berbaju Hitam

[sunting] Akemi Miyano

!Artikel utama untuk bagian ini adalah: Akemi Miyano

Akemi Miyano (dengan nama samaran Masami Hirota dalam organisasi) adalah kakak dari Shiho Miyano (Ai Haibara). Dalam jilid kedua, Masami Hirota ditembak oleh Gin dalam kasus pencurian uang sebesar 1 Milyar. Ia mengiginkan adiknya, Sherry dikembalikan dan dilepaskan dari organisasi, tapi organisasi menolaknya dan malah menembaknya. Akemi Miyano juga adalah pacar dari Shuichi Akai, anggota FBI berdarah Jepang yang mendekati Akemi untuk mendapatkan informasi seputar dengan kepala penelitian APTX4869. Tapi pendekatan itu diketahui oleh organisasi dan tidak membuahkan apapun, melainkan Akemi ditembak sehingga Shuichi memiliki dendam yang besar kepada Gin, Dan Anggota Organisasi Lainnya.

Awalnya, Akemi dan Shiho terlibat dalam organisasi hitam karena orangtua mereka yang bernama Atsushi Miyano dan Elena Miyano (yang berasal dari Amerika dan mempunyai code name Hell Angel). Oleh Conan, Atushi Miyano disebutkan sebagai “Ilmuwan gila yang diusir dari dunia pengetahuan”, karena ingin menciptakan obat yang dapat membangkitkan orang mati kembali.

Walaupun Akemi kurang terlibat dengan organisasi, Ai tetap menganggapnya sebagai salah satu orang yang penting dalam hidupnya karena orangtuanya sudah meninggal sejak Ai lahir. Akemi Miyano adalah pacarnya Shuichi Akai sewaktu Shuichi Akai berada di Organisasi Berbaju Hitam, Tetapi Akemi Tidak Tahu Nama Asli Shuichi, Tetapi Dengan Nama Moroboshi Dai. Sehingga Akemi Memanggilnya Dai-kun.

[sunting] Atsushi Miyano

Atsushi Miyano adalah ayah dari Shiho Miyano (Ai Haibara / Sherry) dan Akemi Miyano. Dia merupakan suami dari Elena Miyano. Dia bekerja sebagai ilmuan di Organisasi Berbaju Hitam. Dia telah bekerja dalam suatu obat primitif yang nantinya akan jadi obat bernama APTX4869 . Dia disebut sebagai The Mad Scientist (Ilmuan gila) dalam komunitas ilmuan. Namun Hiroshi Agasa menyebutnya sebagai orang yang baik dan penyabar. Dia tewas dalam apa yang dipercaya sebagai “kecelakaan” bersama istrinya ketika Shiho masih sangat muda.

[sunting] Bourbon

Bourbon adalah anggota baru Organisasi Berbaju Hitam. Menurut informasi yang disampaikan Kir / Rena Mizunashi, Bourbon adalah anggota yang pandai menginspeksi, mengumpulkan informasi, dan berwawasan luas. Ai Haibara / Shiho Miyano mencurigai Okiya Subaru yang tinggal di rumahnya Shinichi Kudo sebagai Bourbon.

[sunting] Calvados

Calvados adalah sniper yang membantu Vermouth yang hampir membunuh Jodie, tapi di dekat akhir episode 345, dia akhirnya bunuh diri daripada ditangkap Shuichi Akai.

[sunting] Chianti & Korn

Chianti & Korn adalah anggota Organisasi Berbaju Hitam yang bertugas sebagai penembak jitu (sniper). Pertama kali mucul dalam Manga Detektif Conan Volume 48

[sunting] Elena Miyano

Elena Miyano adalah ibu dari Shiho Miyano (Ai Haibara / Sherry) dan Akemi Miyano. Dia juga merupakan istri dari Atsushi Miyano. Dia bekerja sebagai ilmuan di Organisasi Berbaju Hitam. Dia lahir di Inggris, namun mencintai Atsushi Miyano sehingga dia pun tinggal di Jepang. Dia dikatakan sebagai wanita yang pendiam & pemalu. codename yang diberikan Organisasi kepada dia adalah Hell Angel (Malaikat Neraka). Dia tewas dalam apa yang dipercaya sebagai “kecelakaan” bersama dengan Atsushi Miyano ketika Shiho masih sangat muda. Di suatu kasus, Shiho menemukan rekaman suara ibunya yang ditujukan kepada Shiho.

[sunting] Gin

Anggota Organisasi Jubah Hitam. Sangat kejam dan memiliki beberapa hal yang mencolok sebagai ciri khasnya seperti kendaraan Porsche yang selalu dikendarainya dan rambut panjangnya yang berwarna emas kekuningan. Orang ini yang telah mengecilkan tubuh milik detektif SMU yang selalu membantu polisi hampir di setiap kasus, yaitu Shinichi Kudo, yang harus menyembunyikan identitas dirinya dengan menyamar sebagai seorang anak bernama Conan Edogawa.

Gin merupakan salah satu pilar Organisasi Jubah Hitam. Sangat teliti dapat dilihat pada manga vol. 24. Gin dapat menidentifikasi rambut Sherry yang tertinggal di mobilnya. Gin membunuh 2 orang anggota organisasi,yaitu Akemi Miyano dan Pisco.

[sunting] Kusuda Rikumichi

Kusuda Rikumichi adalah seorang anggota Organisasi Berbaju Hitam yang mengajukan sebagai pasien dengan harapan Rena Mizunashi terlacak, namun Conan dan FBI berhasil menemukan dia. Ia melarikan diri dari rumah sakit, sehingga Conan dan Shuichi mengejarnya, tapi ia bunuh diri karena alasan yang tidak diketahui sebelum mereka berhasil mendapatkan informasi. Dia pertama kali diperkenalkan pada volume 57 dari manga. Namun, ia dapat dianggap sebagai orang misterius yang disebut oleh anak laki- laki (yang menyaksikan Kasus Kir) bahwa ia telah melihat Rena Mizunashi. Seiyu nya adalah Mitsuo Iwata.

[sunting] Kichiro Numabuchi

Kichiro Numabuchi, adalah pembunuh menyeramkan yang pertama kali muncul sebagai tersangka dalam pembunuhan besar-besaran di Osaka dalam Volume 19. Kemudian, dia ternyata telah digunakan oleh Organisasi Berbaju Hitam sebagai pembunuh, tetapi ia akhirnya terbukti tidak berguna bagi mereka. Dia akan dikirim ke laboratorium Sherry yang menguji APTX 4869 pada dirinya, tetapi dia melarikan diri. Dia kemudian pergi bersembunyi, bersalah membunuh orang-orang yang dia yakini sebagai anggota Organisasi yang dikirim untuk mendapatkannya. Seiyu-nya adalah Naoki Tatsuta, aktor suara bahasa Inggris-nya adalah Barry Yandell. Dia dikenal Graver Kornelius Sebagai Detektif Conan dalam versi Amerika Serikat

[sunting] Pisco

Nama aslinya Kenzo Masuyama, berumur 71 tahun, pemilik perusahaan mobil tua dan berperingkat tinggi di Organisasi Berbaju Hitam. Muncul dalam Volume 24 atau episode 176-178, ia mengetahui orangtua Ai, dan identitas rahasianya. Namun, Gin membunuhnya karena melanggar kode kerahasiaan Organisasi Berbaju Hitam setelah ditangkap di kamera saat ia melakukan pembunuhan. Seiyu nya adalah Yasuo Maramatsu.

[sunting] Tequila

Tequila adalah seorang anggota intimidasi tinggi Organisasi Hitam yang digunakan untuk otot orang-orang ke dalam pembuatan kesepakatan dengan sindikat. Dia rupanya berasal dari Osaka karena dia tendengar berbicara dengan aksen Kansai. Dia pertama kali muncul di volume 12 dari manga Detektif Conan dimana Conan dengan tidak sengaja menabrak dia di sebuah konferensi permainan video di sebuah hotel. Pada awalnya, Conan hanya menganggap dia sebagai karyawan dari sebuah perusahaan permainan ketika Conan melihat dia mengambil sebuah koper dengan logo perusahaan permainan di atasnya. Conan akhirnya tahu bahwa dia adalah anggota Organisasi Berbaju Hitam setelah Conan mendengar dia bertelepon dengan Gin sewaktu Conan membeli minuman. Dia adalah antek Oraganisasi Hitam raksasa memiliki tinggi badan di atas 6’5 “(195,6 cm). Dia sengaja dibunuh oleh sebuah bom koper. Seiyu Nya adalah Kosei Hirota dan suara bahasa Inggris-nya adalah aktor Andrew Chandler.

[sunting] Vodka

Rekan Gin yang juga anggota dari Organisasi Hitam. Kerap diperlihatkan menjalankan aksinya bersama-sama Gin. Ceroboh dan mudah dikelabui apabila tidak bersama dengan Gin yang sering ia sebut “Kakak”. Sempat berhasil dijebak oleh Conan alias Shinichi, namun gagal (Manga Detektive Conan Volume 37 & 38).

[sunting] Vermouth

Nama aslinya Chris Veinyard. Seorang aktris besar di Amerika yang bakat aktingnya luar biasa dan pandai menyamar. Sangat cantik dan cerdas. Kemungkinan besar merupakan sosok yang sama dengan Sharon Winyard, yang dikamuflasekan sebagai ibunya sendiri dengan meminum formula misterius organisasi yang dapat memudakan usianya kembali. Di Jepang menyamar sebagai Dr. Araide. Kalimat yang sering diucapkan: “a secret makes a woman woman”

Vermouth merupakan anggota utama dalam organisasi hitam. Vermouth memiliki kemampuan menyamar seperti Yukiko Kudo. Keduanya merupakan teman sekelas saat belajar akting kepada pesulap kelas dunia, Toichi Kuroba, Yang Merupakan Ayah Dari Kaito Kuroba (Kid si Pencuri / Kaito Kid). Vermouth adalah anggota yang paling disayangi Boss organisasi hitam.

[sunting] Kepolisian Jepang

[sunting] Juzo Megure (目暮十三 Megure Jūzō) (Inspektur Megure)

Inspektur kepolisian pusat di divisi kejahatan pembunuhan. Atasan yang tegas, baik pada bawahan dan kadang suka bercanda. Terlihat seperti sosok atasan yang agak “Gaptek”. Tapi selain itu kerjanya juga sangat serius dan sering datang bila ada kasus yang ditangani oleh Kogoro Mouri atau Conan di wilayah Tokyo. Dia mempunyai istri yang dulu bekas anggota berandalan siswi SMA. Pertemuannya dengan istrinya adalah suatu kebetulan.

Dia yang baru diangkat menjadi polisi bertemu dengan gadis SMA yang ingin melakukan pembalasan terhadap pembunuh teman-temannya. Inspektur Megure ditugaskan untuk melindungi gadis itu. Karena mereka berdua tertabrak mobil pembunuh itu, gadis SMA itu terluka parah, sedangkan Megure hanya terluka di keningnya. Berkat Megure yang ingat nomor plat mobil itu, penjahat itu tertangkap. Luka di kening Megure adalh saksi pertemuannya dengan istrinya.

[sunting] Sato Miwako

Polisi wanita yang sering berpartner dengan Takagi. Dalam beberapa cerita digambarkan hubungan romantis nya dengan Takagi. Namun rekan kerjanya, Shiratori selalu mengganggu kencannya dengan Takagi. Diduga kuat memiliki hubungan istimewa dengan Matsuda Jinpei,polisi ahli penjinak bom yang tewas ketika tengah menjinakkan bom. Ayahnya seorang polisi yang tewas tertabrak truk ketika sedang menangkap seorang penjahat perampok bank.

[sunting] Takagi Wataru

Seorang polisi yang menjadi partner Miwako. Sebenarnya dia menyukai Miwako tapi sayangnya dia kurang mempunyai keberanian untuk mengungkapkan perasaannya itu. Biasanya dia dibantu oleh Yumi Miyamoto dan Isshin Chiba. Mereka berdua yang selalu memberi dorongan dan dukungan untuk hubungannya dengan Miwako.

Sifatnya pemalu, kurang bisa diharapkan, dan mudah putus asa. Tetapi kalau sudah ada rasa percaya diri sikapnya langsung berubah. Mukanya mirip dengan reserse Matsuda Jinpei saat memakai kacamata dan wig yang mirip (lihat volume 36). Di kantornya dia mempunyai saingan, yaitu seluruh personil dan anggota kepolisian yang juga menyukai Miwako. Dia sering kerepotan bila sudah ketahuan oleh inspektur Shiratori bahwa dia akan pergi kencan dengan Miwa (nama panggilan Miwako Sato), karena dia akan diinterogasi oleh Shiratori dan anak buahnya,(lihat vol.40).

[sunting] CIA

[sunting] Ethan Hondou

Ethan Hondou merupakan anggota CIA, dia juga merupakan ayah dari Eisuke Hondou dan Hidemi Hondou yang memakai nama samaran Rena Mizunashi. Dia bunuh diri tapi dibuatnya seperti tewas karena dibunuh oleh Hidemi Hondou . Tujuan dia bunuh diri adalah untuk menyelamatkan anaknya anaknya yang bekerja sebagai mata-mata dari CIA di Organisasi Berbaju Hitam. Saat itu Hidemi dicurigai sebagai CIA oleh Organisasi Berbaju Hitam. Setelah dia tewas bunuh diri, anaknya (Hidemi Hondou) tidak dicurigai oleh Organisasi Berbaju Hitam terutama oleh Gin lagi.

[sunting] Hidemi Hondou

Hidemi Hondou (Rena Mizunashi) merupakan anggota CIA, anaknya Ethan Hondou, & kakaknya Eisuke Hondou. Hidemi Hondou memiliki nama samaran yaitu : Rena Mizunashi. Dia masuk ke organisasi berbaju hitam sebagai mata- mata setelah ayahnya bunuh diri dengan cara seperti dibunuh oleh Hidemi. Rena Mizunashi awalnya bekerja sebagai penyair, tetapi pada volume 49, dia terkena sebuah kecelakaan dan koma sampai akhirnya terbangun pada volume 58. Setelah Conan & Shuichi Akai tahu bahwa dia adalah seorang CIA, mereka membuat sebuah perjanjian dimana dia dikembalikan ke Organisasi Berbaju Hitam, namun dia harus melaporkan informasi yang ada ke FBI.

[sunting] FBI

[sunting] Andre Camel

Andre Camel adalah anggota baru FBI yang dipekenalkan dalam file ke 600 dari manga Detektif Conan dan episode ke 497 dari anime Detektif Conan. Dia bekerja sebagai rekan Jodie Starling. Mulanya Jodie & Conan sangat curiga kepadanya. Dia dan Shuichi Akai memiliki semacam persekutuan. Dia merasa bersalah kepada Shuichi Akai karena dia yang (tanpa sengaja) membongkar identitas Shuichi Akai kepada Organinasi Berbaju Hitam ketika Shuichi Akai bekerja sebagai mata-mata disana, sehingga pacar Shuichi Akai (Akemi Miyano) pun tewas.

[sunting] James Black

James Black adalah seorang FBI yang bekerja bersama dengan Jodie Starling dan Shuichi Akai.Memiliki rating dan jabatan yang tinggi Di FBI. Dia pertama kali muncul dalam Episode 258. Kasus itu berupa kasus penculikan James Black yang dikira sebagai Artis terkenal yang kaya.

[sunting] Jodie Starling

Jodie Starling (Jodie Santemillion) adalah seorang anggota FBI yang datang ke Jepang untuk menangkap Chris Vineyard (Vermouth) yang telah membunuh ayahnya sewaktu kecil. Dia menyamar sebagai guru bahasa inggris di sekolah tempat Ran bersekolah. Sangat menyukai game (Gamer)(vol. 33). Dia berhenti mengajar setelah masa cuti-nya berakhir. Dia berencana pulang ke Amerika Serikat, namun dalam volume 42, dia bertemu dengan Vermouth, setelah perlawanan oleh Conan, dia (Vermouth) berjanji tidak akan mengejar Sherry lagi. Sekarang Jodie bekerja sebagai FBI di Jepang bersama dengan James Black, Shuichi Akai, Andre Camel, dkk.

[sunting] Shuichi Akai

Shuichi Akai (Moroboshi Dai/ Rye)adalah anggota FBI berdarah Jepang, jago menembak dengan berbagai senjata, terutama Shotgun dan Sniper. Memiliki hubungan masa lalu dengan Shiho Miyano. Merupakan kekasih dari kakak Shiho, Akemi Miyano (yang terbunuh dalam kasus perampokan 1 milyar yen). Shuichi berhasil melenyapkan alat penyadap milik Conan yang berada di tangan Organisasi Berbaju Hitam (vol.49). Ia pernah bertemu dengan Ran di Amerika sebelumnya ketika ia sedang memburu seorang pembunuh yang diduga adalah Vermouth yang menyamar (vol.35). Shuichi bersifat dingin dan nisterius, bahkan tak pernah terlihat tertawa. Ia cenderung menutup hatinya saat Akemi mati meninggalkannya. Saat berhadapan dengan Kir, ia Terbunuh, tetapi tidak jelas apakah ia masih hidup atau sudah mati, karena Jodie Starling, Andre Camel, Dan Vodka melihat Shuichi masih hidup dengan luka bakar di wajah bagian kanannya.

sumber : http://id.wikipedia.org/